Konfidensi Investor Menguat

Konfidensi Investor Menguat
Konfidensi Investor Menguat
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sukses finish di zona hijau. Itu terjadi setelah di luar prediksi indeks menguat 58,296 poin (1,52 persen). Alhasil, indeks untuk kali kesekian bermain dan mengukuhkan diri di level 3.888,569.  Kinerja impresif indeks itu di luar prediksi, bahkan melebihi ekspektasi pelaku pasar. Maklum, sebelumnya indeks diramalkan tidak akan banyak bergerak menyusul belum adanya kejelasan skema penyelesaian krisis Yunani. Analis pun membanderol indeks hanya akan bergerak menguat terbatas.

 

Tetapi, sejalan dengan keputusan parlemen Yunani yang menghindarkan negara dari default, situasinya langsung berubah. Pelaku pasar baik asing dan domestik secara masif masuk market. Efeknya, indeks langsung melejit dan betah di area positif hingga penghujung sesi. "Pasar bergairah setelah skenario penanganan utang Yunani mendapat kejelasan," ungkap Purwoko Sartono, research analyst Panin Sekuritas ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (30/6).

Pengaruh market regional, lanjut Purwoko, memang sangat luar biasa. Dorongan itu yang memantik investor asing secara bergelombang melakukan akumulasi beli pada sejumlah saham-saham unggulan. Tercatat setidaknya, investor asing melakukan aksi beli senilai Rp 1 triliun. "Dan, kemungkinan asing melakukan aksi serupa sepanjang hari ini masih terbuka," imbuhnya.

Kans asing bertahan di market, sambung Purwoko, sangat besar. Itu dengan catatan pengumuman angka inflasi hari ini sesuai ekspektasi investor. Dan melihat naga-naganya, angka inflasi itu sepertinya bakal sesuai anggapan pelaku pasar. "Secara umum investor ofitimistis dengan angka inflasi," tukasnya.

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sukses finish di zona hijau. Itu terjadi setelah di luar prediksi indeks menguat 58,296 poin (1,52 persen).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News