Konon Ada WNA China Masuk Lagi saat PPKM, Syarief Hasan Sentil Jokowi

Konon Ada WNA China Masuk Lagi saat PPKM, Syarief Hasan Sentil Jokowi
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengungkap ada WNA asal China masuk Indonesia pada Sabtu (7/8) dini hari. Foto: Ricardo/jpnn.com.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mempertanyakan kebijakan pemerintah terkait masuknya Warga Negara Asing (WNA) asal China pada Sabtu (7/8) dini hari.

Sebab, kata politikus senior Partai Demokrat itu, pemerintah sudah mengeluarkan larangan terkait masuknya orang asing termasuk pekerja sejak 21 Juli 2021 bersamaan penerapan PPKM.

Namun, dia mengeklaim ada informasi yang akurat bahwa puluhan WNA asal China tersebut tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada 7 Agustus 2021 pukul 03.56 WIB dan keluar dari bandara dengan pengawalan.

Berdasarkan informasi pemantauan dari flightradar24 diketahui bahwa maskapai Citilink (dengan nomor penerbangan QG8815) berangkat dari Kunming, China pada pukul 12.22 AM dan tiba di Cengkareng sekitar pukul 3.56 AM menggunakan pesawat bertipe Airbus A330-900 dengan serial number 1870.

Syarief pun menyayangkan kejadian ini dan mendesak pemerintah untuk melakukan investigasi kebenaran informasi tersebut, sekaligus mengusut tuntas kasus ini.

"Saya sangat menyayangkan masuknya WNA asal China di tengah pelarangan WNA ke Indonesia. Presiden Jokowi sebagai komandan tertinggi penanganan Covid 19 harus segera melakukan evaluasi terhadap pihak yang terkait yang telah mengizinkan WNA masuk ke Indonesia di masa darurat pandemi Covid-19," ucap Syarief Hasan dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu meminta pemerintah fokus dalam upaya-upaya pembatasan pergerakan untuk memotong penularan Covid-19. Terlebih kasus positif Covid-19 masih terus bertambah dari hari ke hari.

"Presiden Jokowi perlu mencari tahu dan melakukan koordinasi ke Satgas Covid-19, pihak Imigrasi, dan pihak Avsec Kemenhub terkait kedatangan WNA tersebut di tengah pelarangan," pinta mantan Menteri Koperasi dan UKM itu.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyebut puluhan WNA asal China yang masuk melalui Bandara Sokearno-Hatta, dibawa keluar dengan pengawalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News