JPNN.com

Konon Anggota KKB di Papua Kejam dan Bertabiat Buruk, Famili Sendiri pun Dimusuhi

Kamis, 29 Oktober 2020 – 20:40 WIB
Konon Anggota KKB di Papua Kejam dan Bertabiat Buruk, Famili Sendiri pun Dimusuhi - JPNN.com
Ilustrasi OPM (Organisasi Papua Merdeka). Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, JAKARTA - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua bernama Rufinus Tigau tewas setelah terlibat kontak tembak dengan Satgas Nemangkawi di Kampung Jalai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Senin (26/10).

Kelompok Rufinus sudah menjadi target pengejaran TNI-Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono mengungkapkan, kelompok Rufinus kerap meresahkan masyarakat dan dikenal kejam.

"Rufinus Tigau merupakan anggota KKB. Kelompok bersenjata ini memang membuat resah masyarakat di Kampung Jalai, suka merampas harta masyarakat bahkan tak segan untuk membunuh," kata Awi di Jakarta, Kamis (29/10).

Lebih lanjut Awi menjelaskan soal sosok Rufinus. Menurutnya, semula Rufinus dan keluarganya dikenal sebagai penganut Katolik yang taat.

Namun, Rufinus berbalik. Dia menjadi pihak yang berani melawan keluarga karena paksaan KKB.

Awi menuturkan, info soal kekejaman Rufinus itu datang dari ayah tirinya yang bernama Antonius Abugau. Dalam wawancara dengan Satgas Nemangkawi, Antonius menyebut Rufinus telah berubah sejak bergabung dengan KKB.

"Kelompok ini selalu merampas, mengancam pemuda Kampung Jalai bahkan kira-kira Agustus lalu membunuh kepala suku yang membela mama-mama penjual di pasar yang ditindas mereka," tutur Awi menirukan cerita Antonius.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara