Konon Peta Media Massa Indonesia Berubah Signifikan

Konon Peta Media Massa Indonesia Berubah Signifikan
Imogen Communication Institute (ICI) membeberkan peta media massa di Indonesia mengalami beberapa perubahan cukup signifikan. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Imogen Communication Institute (ICI) membeberkan peta media massa di Indonesia mengalami beberapa perubahan cukup signifikan.

Hal itu dipotret oleh ICI dalam laporan kajian Indonesian Media Landscape 2022 yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pers Nasional 9 Februari 2022.

Managing Director Imogen Public Relations Jojo S. Nugroho mengatakan media masa terombang-ambing karena pandemi Covid-19.

"Beberapa media setelah dihajar pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir dan akhirnya tutup," ujar Jojo dalam keterangan yang diterima, Jumat (11/2)

Padahal, lanjut Jojo, pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi yang memiliki peran penting sebagai kanal informasi, terutama dalam era digital.

Namun, disrupsi teknologi dan pandemi menjadi badai besar bagi kelangsungan media massa.

"Setelah badai mereda, kondisi ini harus kita petakan kembali,” kata Jojo.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) itu mengatakan dengan cepatnya pergerakan zaman dan teknologi, industri media bersifat sangat dinamis mengikuti perubahan, meski banyak juga yang kandas dihantam krisis.

Imogen Communication Institute (ICI) membeberkan peta media massa di Indonesia mengalami beberapa perubahan cukup signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News