Kiat dari Bos JPNN Group untuk Media Massa agar Bertahan Selama Pandemi

Kiat dari Bos JPNN Group untuk Media Massa agar Bertahan Selama Pandemi
Ketua Panitia HPN 2022 Auri Jaya dan Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: Humas Kementerian LHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemilik Grup Jaringan Pemberitaan Nusantara Negeriku (JPNN) Auri Jaya menyebut ada beberapa kiat agar media massa bisa bertahan selama pandemi Covid-19 menerpa Indonesia. Satu di antaranya tentang pemilihan server.

"Saya kira perlu dipahami, pemilihan server, alokasi bandwidth, content management system (CMS), ini yang perlu diperhatikan," kata Auri dalam diskusi yang diselenggarakan Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) berjudul Wajah Pers Indonesia Tahun 2022, Senin (31/1).

Mantan koresponden Der Spiegel Jerman itu mengatakan banyak media daring tumbuh di daerah. Misalnya, di Bengkulu ada 100 media daring. 

Menurut Auri, pertumbuhan media daring itu sayangnya tidak dibarengi dengan kesadaran memilih server. Di sisi lain, pemilihan server menjadi penting demi menopang viewer.

"Kemudian alokasi bandwidth harus bagus karena terkait transfer data antar server dengan audience supaya cepat. Kemudian membuat CMS yang friendly terhadap SEO (Search Engine Optimization) juga penting diperhatikan," beber pria berkacamata itu.

Auri mengatakan bahwa di JPNN.com memiliki banyak personel IT demi mengoptimalkan pemilihan server, alokasi bandwidth, dan CMS untuk meraup pembaca.

"Kami selalu menempatkan wakil redaksi itu dari IT. Direktur marketing dari IT. Artinya harus paham, kira-kira konten bakal sampai ke sasaran atau tidak," tutur dia.

Selanjutnya, kata Auri, pemilik media daring perlu memantau perkembangan di platform lain dan memanfaatkan media sosial demi mendistribusikan konten.

Pemilik JPNN Group, Auri Jaya menyebut ada beberapa kiat agar media bisa bertahan selama pandemi Covid-19 menerpa Indonesia. Satu di antaranya tentang pemilihan server.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News