Kemenko PMK Bahas Upaya Tingkatkan Akses Digital dan Internet untuk Disabilitas

Kemenko PMK Bahas Upaya Tingkatkan Akses Digital dan Internet untuk Disabilitas
Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK Ricky Radius Siregar dan Ketua Bidang Multimedia Teknologi Informasi Persatuan Wartawan Indonesia Auri Jaya saat Lokakarya Series 2 tentang Transformasi Strategis Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Digital Dan Partisipasi Pengguna Internet Kelompok Penyandang Disabilitas Melalui Kolaborasi Pentahelix, di Kantor Kemenko PMK, Selasa (23/5).

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan disebut terus berupaya agar teknologi digital khususnya internet bisa diakses dan lebih ramah dengan kaum disabilitas.

Hal ini dibahas dalam Lokakarya Series 2 tentang Transformasi Strategis Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Digital Dan Partisipasi Pengguna Internet Kelompok Penyandang Disabilitas Melalui Kolaborasi Pentahelix, di Kantor Kemenko PMK, Selasa (23/5).

Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lanjut Usia Kemenko PMK Ricky Radius Siregar menyebutkan bahwa data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan hanya sekitar 5 persen situs web bisnis di Indonesia yang ramah disabilitas.

Dari 5 persen tersebut, hanya sedikit yang memenuhi standar aksesibilitas web internasional.

“Hasil survei Kementerian Sosial pada 2020 menunjukkan bahwa hanya sekitar 40 persen penyandang disabilitas di Indonesia yang memiliki akses ke informasi tentang hak-hak mereka,” ucap Ricky dalam lokakarya tersebut.

Dia melanjutkan hanya sekitar 30 persen yang memperoleh informasi program-program perlindungan sosial yang tersedia bagi kaum disabilitas.

Menurut Ricky, dibutuhkan suatu pembangunan yang sifatnya berkelanjutan dan inklusif agar kelompok disabilitas dapat keluar dari kemiskinan atau hampir miskin.

Pemberdayaan bisa dilakukan dengan beberapa cara, pelatihan, pendidikan, dan memberikan akses yang sama untuk layanan informasi publik.

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan disebut terus berupaya agar teknologi digital khususnya internet bisa diakses dan lebih ramah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News