Konsumsi Data Naik 50 Persen

Telkomsel Sebar 15 Mobile BTS

Konsumsi Data Naik 50 Persen
Konsumsi Data Naik 50 Persen

jpnn.com - SURABAYA-Tiap tahun pertumbuhan penggunaan data terus melonjak, bahkan hari raya tahun ini data makin mendominasi. Telkomsel memprediksi pertumbuhan data bisa mencapai 50 persen dibandingkan kondisi normal. Khusus di Jatim, untuk mengantisipasi lonjakan data, akan menambah sebanyak 15 unit Compact Mobile Base Transceiver (COMBAT).

Head of Corporate Communications Group Adita Irawati mengatakan peningkatan traffic saat lebaran terkadang tidak bisa diprediksi. Karena itu, pihaknya memilih untuk menyiapkan COMBAT yang akan dipergunakan di titik-titik lokasi dengan lonjakan traffic tinggi.

"Antisipasi lonjakan traffic sudah kami siapkan terutama di jalur mudik, tapi selain itu memang ada lokasi yang tidak bisa diperkirakan ternyata mengalami peningkatan, seperti tempat wisata yang sudah ramai pada H+1," katanya di sela acara Roadshow Saatnya Berbagi di Surabaya kemarin (29/7).

Secara nasional, sampai akhir tahun ini pihaknya melakukan penambahan COMBAT sebanyak 240 unit. Sedangkan, khusus untuk mengantisipasi kenaikan traffic hari raya, pihaknya menyiapkan sebanyak 56 unit.

"Di Jatim, sebanyak 15 unit siap melayani kebutuhan pelanggan. Sedangkan, sisanya di Jateng, Jabodetabek bahkan luar Jawa. Jadi, nanti kalau ada satu titik yang traffic terlihat tinggi, maka unit COMBAT kami datangkan ke lokasi tersebut," urainya.

Adita mengungkapkan, berdasar tahun-tahun sebelumnya, peningkatan traffic mulai terasa sejak H-4. Kemudian terus meningkat hingga hari H. Setelahnya baru berangsur-angsur menurun.

Tahun ini, diperkirakan konsumsi data bisa meningkat hingga 50 persen dibandingkan kondisi normal. Sedangkan, SMS dan suara relatif lebih rendah, yakni hanya 10-20 persen. "Hampir semua pelanggan, yang sebelumnya memakai SMS kini beralih menggunakan layanan messenger. Makanya kenaikan konsumsi data sangat signifikan," tandas dia.

Selain itu, kenaikan pengguna data ditunjang dengan penjualan smart phone yang kian meluas. Apalagi, menjelang hari raya, tidak sulit menemukan ponsel pintar dengan harga terjangkau.

SURABAYA-Tiap tahun pertumbuhan penggunaan data terus melonjak, bahkan hari raya tahun ini data makin mendominasi. Telkomsel memprediksi pertumbuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News