Konsumsi LPG Lampaui Kuota

Konsumsi LPG Lampaui Kuota
Konsumsi LPG Lampaui Kuota
JAKARTA - Lonjakan konsumsi energi ternyata bukan hanya terjadi di BBM bersubsidi. Pertamina menyebut, konsumsi liquefied petroleum energy (LPG) bersubsidi berukuran 3 kilogram (kg) kini juga melonjak.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Hanung Budya Yuktyanta mengatakan, penyaluran LPG 3 kg hingga kuartal I 2012 telah mencapai 1,23 juta metrik ton (MT). "Artinya, sudah 4,9 persen di atas target"

kuota," terangnya, Jumat (25/5).

    

Menurut Hanung, tahun ini pemerintah dan DPR sudah menetapkan kuota LPG 3 kg 3,61 juta MT. Jika tren konsumsi tinggi sepanjang kuartal I lalu terus berlanjut, dikhawatirkan kuota penyaluran LPG 3 kg pada 2012 akan terlampaui. "Kami melihat kemungkinan penyaluran bisa mencapai 3,75 MT atau 3,9 persen di atas kuota," prediksinya.

Baca Juga:
    

Hanung mengatakan, realisasi penyaluran pada kuartal I 2012 menjadi indikasi awal terkait dengan kemungkinan terjadinya penyalahgunaan LPG 3kg. Karena itu, Pertamina sedang menata jalur distribusi untuk memastikan LPG 3 kg diterima masyarakat yang berhak tanpa pengoplosan. "Ini sangat penting, mengingat insiden (ledakan tabung LPG) yang terjadi sering disebabkan oleh pengoplosan," jelasnya.

JAKARTA - Lonjakan konsumsi energi ternyata bukan hanya terjadi di BBM bersubsidi. Pertamina menyebut, konsumsi liquefied petroleum energy (LPG)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News