Kontrak IUPK PT Freeport Indonesia Bisa Berdampak Positif untuk Indonesia

Kontrak IUPK PT Freeport Indonesia Bisa Berdampak Positif untuk Indonesia
Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai hal positif buat berjalannya program hilirisasi di Indonesia. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi menilai perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai hal positif buat berjalannya program hilirisasi di Indonesia.

"Hilirisasi itu masuk di dalam salah satu program kita. Makanya kita punya POKJA, khusus mengenai hilirisasi. Nah, kalau dikaitkan dengan PTFI, menurut saya sangat positif. Apalagi mereka ada smelter yang akan berdiri," kata Yukki di dalam sesi tanya jawab pada kegiatan Rapimnas KADIN 2023 yang digelar di Swissotel, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, Kamis (7/12).

Yukki menilai perpanjangan kontrak IUPK PTFI memberikan kepastian hukum dalam berbisnis.

"Iya karena orang dalam melakukan investasi itu kan selalu harus ada kepastian. Kurang lebihnya seperti itu," katanya menyikapi urgensi dari perpanjangan kontrak IUPK PTFI yang sekarang ini masih dalam tahap pembahasan di dalam pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Yukki juga menyinggung pembangunan smelter PTFI di Gresik, Jawa Timur. Menurut dia, hadirnya smelter ini menjadi langkah sangat positif untuk mewujudkan program hilirisasi industri.

"Smelter ini menjadi sangat positif buat Indonesia," ujarnya.

Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri KADIN sekaligus juga menjadi Ketua Penyelenggara Rapimnas KADIN 2023 Shinta Widjaja Kamdani menilai hadirnya PTFI di Indonesia sudah banyak memberikan manfaat.

"Jadi, kami mendukung yang sifatnya keberlanjutan. Ya, jadi kalau lagi proses perpanjangan selama semua persyaratannya sudah dipenuhi dan pemerintah mengikuti itu, kami mendukungnya," ujarnya.

Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai hal positif buat berjalannya program hilirisasi di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News