Kontribusi Caleg Muda Jadi Perdebatan

Kontribusi Caleg Muda Jadi Perdebatan
KONTRIBUSI CALEG MUDA- Caleg PKS Rama Pratama, Caleg PPP Ahmad Wakil Kamal, Caleg PDI-P Budiman Sujatmiko menjadi pembicara dalam Uji Publik Visi Masa Depan Caleg Aktivis dan Kamu Muda di Jakarta, Minggu (1/2). Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS
JAKARTA – Menjelang pemilu legislatif kali ini, banyak caleg muda yang muncul. Beberapa dari mereka merupakan mantan aktivis yang dulu sering berdemonstrasi menentang Orde Baru. Kemarin caleg-caleg muda itu mengadu visi dan misi yang difasilitasi Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) dan Center for Indonesian Regional and Urban Studies (CIRUS).

Acara tersebut dihadiri enam caleg muda dari enam partai berbeda. Mereka adalah Rama Pratama (PKS), Budiman Sudjatmiko (PRD), Ahmad Wakil Kamal (PPP), Nova Riyanti Yusuf (PD), Iwan Dwi Laksono (PKB), dan Asep Supri (PAN). Kecuali Rama, mereka adalah caleg muda yang baru kali ini maju di pemilu legislatif.

Diskusi yang dilakukan di RM Koetaradja, Jakarta, itu khas semangat muda. Selain mengadu visi, masing-masing caleg saling meledek dan menyindir. Bahkan, masa lalu para caleg sebagai aktivis pun diungkit-ungkit.

Rama Pratama, misalnya. Sebagai incumbent, aktivis 98 itu dianggap tidak banyak memberikan kontribusi terhadap gerakan kaum muda. Padahal, dia sudah duduk di gedung DPR selama satu periode. Para audiens "menagih" komitmennya mengenai pengusutan tragedi Trisakti dan Semanggi. "Kami tidak melihat kontribusi nyata Bung Rama selama ini," serang Ahmad Wakil Kamal.

Caleg dari dapil XI Jatim (Madura) itu mengatakan, kesejahteraan warga Madura tidak banyak berubah. Padahal, kata dia, potensi pertanian Madura sangat besar. Mulai garam hingga tembakau. "Bahkan, di Madura ada 40 titik potensial tambang minyak. Saya yakin, potensi negeri Madura bisa bersaing dengan Jawa," tegasnya.

JAKARTA – Menjelang pemilu legislatif kali ini, banyak caleg muda yang muncul. Beberapa dari mereka merupakan mantan aktivis yang dulu sering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News