Kontrol Kadar Gula Melalui Senam

Kontrol Kadar Gula Melalui Senam
Senam bermanfaat bagi penderita diabetes. Foto tangkapan zoom

jpnn.com - Senam dinilai memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Melalui gerakan tertentu secara teratur akan membantu mengontrol gula darah, menurunkan kadar glukosa dan menjaga keseimbangan berat badan. 

"Senam diabetes mirip dengan senam biasa, tetapi gerakannya berfokus pada sejumlah otot besar," kata instruktur senam dan penggiat kesehatan, Citra Rosseline dalam webinar kesehatan, Sabtu (20/3).

Dipaparkannya, senam diabetes bertujuan membuat penderita diabetes aktif bergerak sehingga metabolisme dalam tubuh juga lebih baik. Syaratnya dilakukan berirama dan berkesinambungan dalam jangka waktu lama.

Indraji Dwi Mulyawan, dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Putera Bahagia Cirebon, menyebutkan Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia atau peningkatan gula darah yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.  

Pemicunya kegagalan organ pankreas memproduksi jumlah hormon insulin secara memadai dan berdampak pada peningkatan kadar glukosa dalam darah. 

Kalau tidak terkontrol, jelas dokter Indraji, bisa menyebabkan komplikasi akut dan komplikasi menahun. Komplikasi akut ini berbahaya, sifatnya mendadak dan membahayakan kehidupan manusia. 

"Adapun komplikasi menahun, selain mengganggu kualitas hidup, juga pengobatannya mahal," ucapnya.

Selain itu pada masa pandemi Covid-19, pengidap diabetes disertai penyakit jantung, berisiko dan sangat rentan terpapar virus corona yang bisa merusak organ tubuh.

para penderita diabetes bisa mengontrol kadar gulanya lewat senam diabetes yang difokuskan pada sejumlah otot besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News