Koperasi Perumahan Sukses di Banyak Negara, Anies Yakin Bisa Bantu Rakyat Indonesia

Koperasi Perumahan Sukses di Banyak Negara, Anies Yakin Bisa Bantu Rakyat Indonesia
Bacapres Anies Baswedan memaparkan rencananya memfasilitasi setiap keluarga punya saat menjadi narasumber talkshow Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI). di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mendorong pengembangan koperasi perumahan di Indonesia untuk mengakselerasi pengadaan dan pembiayaan hunian bagi masyarakat.

Anies menuturkan koperasi perumahan sebagai alternatif bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal, khususnya bagi mereka yang memiliki kendala akses terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Dia menuturkan koperasi perumahan sudah terbukti berhasil di berbagai negara, seperti di Amerika Serikat dan Jerman.

“Di Jerman koperasi perumahan disebut Wohnungsgenossenschaften. Koperasi di Jerman hadir untuk memberikan penyediaan hunian bagi anggotanya,” kata Anies dalam Talkshow bersama Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11).

Adapun di Indonesia, lanjut Anies, praktik koperasi yang memiliki unit usaha perumahan sebetulnya sudah umum sejak era Orde Baru, meski perlu didorong lagi pengembangannya.

Angga Putra Fidrian, juru bicara Anies Baswedan, mengatakan koperasi perumahan telah terbukti berhasil diimplementasikan di berbagai negara termasuk negara-negara maju.

“Koperasi perumahan sukses diterapkan di berbagai negara dan dapat kita lihat sebagai salah satu best practice global yang bisa dilakukan di Indonesia. Pak Anies memiliki berbagai referensi global untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, dan salah satunya adalah koperasi perumahan,” ujar Angga, Minggu (12/11).

Dia menuturkan Indonesia bisa mendorong pertumbuhan koperasi perumahan untuk mengatasi backlog tempat tinggal.

Anies menawarkan koperasi perumahan sebagai alternatif bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal, khususnya bagi mereka yang memiliki kendala akses terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News