Kopi Kurangi Resiko Kanker Hati

Kopi Kurangi Resiko Kanker Hati
Kopi Kurangi Resiko Kanker Hati
BERDASARKAN penelitian terbaru, ternyata mengkonsumsi kopi dapat melindungi pria yang rutin minum alkohol dari resiko kanker hati. Peneliti menanyai hampir 19.000 pria dan wanita Finlandia, dengan usia antara 25 hingga 74 tentang konsumsi kopi dan alkohol mereka.

"Temuan kami menunjukkan efek perlindungan meminum kopi bagi para alkoholik," kata peneliti Dr.Onni Niemela dari Seinajoki Central Hospital dan University Of Tampere di Finlandia, dilansir The Indian Express, Minggu (24/3)

Peneliti mengukur kadar enzim hati gamma-glutamil transferase (GGT) dari para partisipan yang mereka tanyai. Ternyata hasil penelitian menunjukan, minum alkohol dapat meningkatkan kadar GGT dalam darah yang juga dapat menyebabkan penyakit hati. Orang dengan penyakit hati menunjukkan tingkat GGT yang tinggi dalam darah mereka.

Pria yang mengkonsumsi lebih dari 24 minuman beralkohol per minggu, atau sekitar 3,5 minuman sehari-hari, memiliki tingkat tertinggi dari enzim hati - sekitar tiga kali lebih tinggi dibanding pria yang tidak minum alkohol.

BERDASARKAN penelitian terbaru, ternyata mengkonsumsi kopi dapat melindungi pria yang rutin minum alkohol dari resiko kanker hati. Peneliti menanyai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News