Koran di AS Gunakan Robot Sebagai Jurnalis

Koran di AS Gunakan Robot Sebagai Jurnalis
Koran di AS Gunakan Robot Sebagai Jurnalis

jpnn.com - LOS ANGELES - Koran 'LA Times' menjadi pelopor penggunaan teknologi robot di media untuk pelaporan berita. Postingan pertama robot yang dijuluki 'robo-journalism' itu adalah laporan tentang gempa di California.

Ide penggunaan robot berasal dari wartawan sekaligus programmer bernama Ken Schwencke. Dia menciptakan suatu algoritma yang secara otomatis menghasilkan sebuah artikel pendek ketika gempa terjadi.

"Butuh waktu sekitar tiga menit agar ceritanya muncul di online. Robot jurnalis akan semakin banyak digunakan dalam newsroom di seluruh dunia," ujarnya, seperti dilansir BBC, Selasa (18/3).

Dijelaskannya, dalam laporan pertama yang ditulis robot tersebut menyebutkan tentang kejadian gempa dangkal berkekuatan 4,7 richter pada Senin pagi, lima kilometer dari Westwood , California.

Laporan itu mengacu US Geological Survey. Gempa terjadi pada pukul 06:25 waktu setempat pada kedalaman 5 mil.

Selain melaporkan gempa, algoritma lainnya melaporkan adanya peristiwa  kejahatan di dalam kota. Sementara editor hanya perlu memutuskan mana yang perlu menjadi prioritas.

"Para wartawan tidak perlu khawatir, sebab robot ini tetap tidak akan bisa menggantikan peran wartawan. Alat ini hanya pelengkap," pungkasnya. (esy/jpnn)

 


LOS ANGELES - Koran 'LA Times' menjadi pelopor penggunaan teknologi robot di media untuk pelaporan berita. Postingan pertama robot yang dijuluki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News