Korban Calo CPNS Diminta Lapor ke Pusat

Korban Calo CPNS Diminta Lapor ke Pusat
Korban Calo CPNS Diminta Lapor ke Pusat
JAKARTA--Masih terjadinya kecurangan dalam seleksi CPNS, tidak hanya dipengaruhi oleh pejabat daerah maupun panitia penyelenggara. Masyarakat pun dinilai ikut memperlancar setiap aksi kecurangan.

"Kalau ditelusur, terjadinya kecurangan melibatkan banyak pihak. Dari pejabat sampai pelamar ikut masuk di dalam lingkaran tersebut," ungkap Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Ramli Naibaho, Minggu (24/4).

Mengapa demikian? Ramli mencontohkan, seorang pelamar CPNS yang ingin lolos seleksi mau saja memberikan uang sogokan puluhan hingga ratusan juta pada oknum tertentu. Mereka pun akan tutup mulut rapat ketika namanya keluar. Meski belum tentu kelulusannya karena uang sogokan, alias murni.

Sebaliknya, ketika tak lolos seleksi, karena tidak ingin urusan jadi panjang lebar, pelamar CPNS tersebut hanya diam saja dengan meratapi uang yang telah melayang. Meski ada juga segelintir yang berani melapor.

JAKARTA--Masih terjadinya kecurangan dalam seleksi CPNS, tidak hanya dipengaruhi oleh pejabat daerah maupun panitia penyelenggara. Masyarakat pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News