Korban Tertimbun Longsor di Malang Ditemukan Sudah Meninggal Dunia

Korban Tertimbun Longsor di Malang Ditemukan Sudah Meninggal Dunia
Personel gabungan BPBD Kabupaten Malang pada saat melakukan pencarian korban tertimbun longsor di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Jawa Timur, Rabu (2/11/2022). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang)

jpnn.com - MALANG -  Seorang warga Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Muhammad Amin yang dilaporkan hilang tertimbun tanah longsor ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Kamis (3/11). 

"Korban ditemukan Kamis (3/11) pagi tadi pukul 08.55 WIB dalam kondisi meninggal dunia," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan di Kabupaten Malang, Kamis (3/11).

Menurut dia, Muhammad Amin ditemukan setelah pihaknya melakukan operasi pencarian selama beberapa hari sejak korban dikabarkan hilang pada 1 November 2022.

Dia menjelaskan Muhammad Amin yang merupakan warga Dusun Kunci, Desa Wiringanom, Kecamatan Poncokusumo, tersebut ditemukan oleh tim gabungan tidak jauh dari lokasi awal yang diduga merupakan tempat keberadaan korban terakhir kali.

Menurutnya, seusai korban ditemukan, tim gabungan bersama masyarakat langsung menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga. Tim gabungan tetap melakukan evakuasi material longsor agar bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Evakuasi longsor diakhiri pukul 10.30 WIB dan tim semuanya sudah kembali," kata Sadono Irawan.

Bencana tanah longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Poncokusumo pada 1 November 2022, kurang lebih pada pukul 16.30 WIB. Dimensi longsor kurang lebih sepanjang 30 meter dengan ketinggian tebing 12 meter.

Pada mulanya, korban bersama rekannya Ilham (30) berjalan beriringan menggunakan sepeda motor masing-masing dan hendak melakukan ojek bambu di wilayah tersebut. Hujan deras mengguyur area tersebut sejak pukul 15.00 WIB.

Muhammad Amin, korban yang tertimbun longsor di Kabupaten Malang ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News