JPNN.com

Korea Utara-Australia Berkomunikasi Lewat Kedubes di Jakarta

Senin, 01 Juli 2019 – 10:00 WIB Korea Utara-Australia Berkomunikasi Lewat Kedubes di Jakarta - JPNN.com

Di Jalan Sumenep Jakarta, di kawasan Menteng yang pernah juga menjadi kawasan tempat Barack Obama menghabiskan sebagian masa kecilnya, berdiri sebuah bangunan yang dari luar tampak biasa saja.

Namun kompleks bangunan berlantai empat yang modern itu dikelilingi tembok beton tinggi. Juga ada kabel yang menggantung rendah di jalanan, dan sejumlah kamera CCTV menyorot semua sudut secara strategis.

Inilah kedutaan Korea Utara, pos diplomatik terdekat Pyongyang ke Australia, dan salah satu dari hanya sekitar 50 Kedubes Korut di seluruh dunia.

Pada tahun 2017, dari kompleks inilah rezim Kim Jong-un melontarkan ultimatum ke Canberra terkait ambisi nuklirnya. Ultimatum itu disampaikan melalui Kedubes Australia yang berjarak sekitar 4 kilometer dari sana.

Kedutaan Korea Utara di Jakarta juga merupakan tempat turis Australia mengajukan permohonan visa mereka untuk mengunjungi negara paling rahasia di dunia itu.

Korut menutup Kedubesnya di Canberra lebih dari satu dekade silam. Sebaliknya, Australia tidak memiliki misi diplomatik di Pyongyang sejak diusir pada tahun 1975.

Jakarta pun, menjadi pos untuk kontak diplomatik terdekat antara kedua negara. Korea Utara-Australia Berkomunikasi Lewat Kedubes di Jakarta Photo: Kedubes Korea Utara di Jakarta menjadi tempat mengurus visa bagi warga Australia yang ingin pergi ke negara itu. (ABC News: Andrew Greene)

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...