Korea Utara Rilis Foto Putra Mahkota

Korea Utara Rilis Foto Putra Mahkota
Calon penerus pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-Un (duduk paling kiri) sementara ayahnya Kim Jong-Il duduk paling kanan. Foto : REUTERS
SEOUL - Pemerintah Korea Utara (Korut) mulai berusaha memopulerkan figur Kim Jong-un yang digadang-gadang menjadi pengganti Kim Jong-il. Setelah mengumumkan dua jabatan baru dan gelar jenderal bintang empat pemimpin Korut berikutnya itu, pemerintah merilis foto terbaru Jong-un kemarin (30/9).

         

Dalam foto yang dipajang di halaman depan koran Rodong Sinmun tersebut, Jong-un tampak  duduk di antara para petinggi Partai Pekerja Korut. Dia berada di barisan paling depan, di samping kiri Ri Yong-ho yang berada tepat di sebelah kiri sang ayah, Kim. Total, sekitar 1.000 orang berpose di depan Kumsusan Memorial Palace di kota Pyongyang. Di tempat itulah jasad pendiri Korut Kim Il-sung diawetkan.

     

Selain foto, surat kabar pro-pemerintah itu menerbitkan sebuah artikel tentang musyawarah nasional (munas) pertama Partai Pekerja Korut sejak tiga dekade terakhir pada Rabu lalu (29/9). Di dalam artikel tersebut, Rodong Sinmun juga mencantumkan nama para petinggi partai yang berfoto bersama Kim dan Jong-un di bawah potret raksasa presiden abadi Kim Il-sung itu.

     

"Pemerintah tidak pernah merilis foto Kim Jong-un sebelumnya," ujar Jubir Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Lee Jong-joo seperti dilansir Associated Press. Foto yang juga dipublikasikan beberapa stasiun televisi nasional Korsel kemarin merupakan foto resmi pertama Jong-un. Dua foto sebelumnya yang dirilis media Barat dan Jepang memperlihatkan Jong-un yang berusia 11 dan 16 tahun.

     

SEOUL - Pemerintah Korea Utara (Korut) mulai berusaha memopulerkan figur Kim Jong-un yang digadang-gadang menjadi pengganti Kim Jong-il. Setelah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News