30 Tahun, Tiongkok Cegah Kelahiran 400 Juta Bayi

30 Tahun, Tiongkok Cegah Kelahiran 400 Juta Bayi
30 Tahun, Tiongkok Cegah Kelahiran 400 Juta Bayi
BEIJING - Pemerintah Tiongkok memastikan akan terus mempertahankan kebijakan satu keluarga satu anak. Sejak diberlakukan sekitar 30 tahun lalu, aturan tegas ini dinilai telah berhasil mencegah kelahiran sampai 400 juta bayi.

"Kami akan tetap menerapkan program KB (satu anak) untuk dekade berikutnya," ucap Ketua Komisi Pengendalian Populasi Nasional dan Keluarga Berencana Tiongkok, Li Bin, seperti dikutip CNN, Selasa (28/9).

Program yang diterapkan sejak tahun 1979 itu, sebenarnya kerap dikritik karena dinilai menciutkan populasi penduduk Negeri Tirai Bambu itu. Dari sisi perekonomian, langkah ini juga dinilai menghambat regenerasi tenaga kerja, sebab tenaga kerja yang sudah tua terus saja digunakan. Ujungnya, banyak pabrik kekurangan tenaga sehingga memindahkan pabriknya ke negara lain.

Sebagian besar pasangan Tiongkok lebih menyukai bayi lelaki. Karena itulah, tak jarang mereka mengaborsinya begitu tahu jabang bayi yang dikandung ternyata perempuan. Jika dibiarkan lahir pun, ribuan bayi perempuan sengaja diserahkan untuk diadopsi warga negara asing.

BEIJING - Pemerintah Tiongkok memastikan akan terus mempertahankan kebijakan satu keluarga satu anak. Sejak diberlakukan sekitar 30 tahun lalu, aturan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News