Korlantas Mulai Ancang-Ancang untuk Musim Mudik Lebaran

Korlantas Mulai Ancang-Ancang untuk Musim Mudik Lebaran
Irjen Royke Lumowa (tengah). Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (rakernis) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/3). Rakernis tentang Fungsi Lalu Lintas 2017 itu dibuka langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dihadiri pejabat utama lalu lintas di seluruh daerah. 

Kapala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, rakernis itu membahas masalah sektor lalu lintas dalam triwulan pertama pada Januari-Maret 2017. "Masalah kemacetan, kecelakaan, pelayanan, dan persiapan mudik jadi prioritas pembahasan," katanya.

Royke dalam rakernis itu memerintahkan semua jajarannya agar bersiap menghadapi arus mudik lebaran 2017. Karenanya, Royke juga mengajak pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan PT Jasa Raharja.

"Mudik lebaran harus nyaman, tertib, dan lancar. Saudara kita yang mudik ke Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, begitu juga ke arah Sumatera harus dijamin keselamatannya," tuturnya.

Untuk persiapan arus mudik, terang Royke, pembangunan sarana dan prasarananya sudah hampir mencapai 70 persen. Misalnya, tol menuju ke Jawa Tengah sudah bertambah.

Royke mengaku sudah memantau langsung jalur tol Pantura Jawa Tengah. “Dari penjelasan Jasa Marga dan PUPR bahwa tol tahun lalu ujungnya di Brebes, sekarang bertambah sampai Pemalang," katanya.

Selain persiapan mudik, Royke juga memerintahkan jajarannya menekan angka kecelakaan. Yaitu dengan memetakan penyebab kecelakaan dan mencarikan solusinya. 

"Apalagi kan saya tahun ini berkeinginan adalah tahun keselamatan berlalu lintas. Sehingga korban kecelakaan lalu lintas bisa ditekan," jelas dia. 

Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (rakernis) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News