Korlantas Polri Siapkan Skenario Lalu Lintas saat Libur Panjang

Korlantas Polri Siapkan Skenario Lalu Lintas saat Libur Panjang
Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Korlantas Mabes Polri menggelar upacara apel siaga untuk menghadapi libur panjang yang jatuh pada 25 - 27 Maret 2016. Apel yang digelar Kamis (24/3) itu juga menghadirkan pihak TNI, Jasa Raharja, Jasa Marga ‎dan Kementerian Perhubungan.

"Apel ini untuk menghindari kemacetan parah seperti yang terjadi pada Natal dan Tahun Baru lalu," kata Wakil Kepala Korlantas Polri, Brigjen Indrajit saat embacakan sambutannya, ‎Kamis (24/3).

Demi libur panjang kali ini, Korlantas Polri mengerahkan 2/3 personelnya untuk turun langsung ke lapangan. Dia menambahkan, operasi itu akan berlangsung di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Idrajit, pihaknya memprioritaskan jalan tol yang menghubungkan antar-provinsi. Untuk itu dia mengimbau agar seluruh jajarannya memerhatikan adanya penumpukan kendaraan di rest area.

"‎Segera mungkin koordinasi dengan pihak terkait untuk mengurai kepadatan yang terjadi," terang dia saat apel berlangsung.

Dia juga meminta agar polisi menerapkan contra flow jika diperlukan. Jika volume kendaraan di jalan tol sudah membeludak, maka polantas bisa secepatnya mengalihkan kendaraan ke jalan arteri.

"Kita harus antisipasi segala macam gangguan yang menyebabkan macet. Tapi paling utama, keselamatan pengemudi harus dijaga," ‎pungkas dia. (mg4/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News