Korsel Siagakan Rudal untuk Serang Korut

Korsel Siagakan Rudal untuk Serang Korut
Korsel Siagakan Rudal untuk Serang Korut
SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan bahwa militer di negeri gingseng itu telah mensiagakan rudal penjelajah yang mampu meledakkan rudal dan pangkalan senjata nuklir Korea Utara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan militer dari tetangga sekaligus musuh bebuyutan mereka tersebut.

 

Dilaporkan oleh AFP, Kamis (19/4), Korsel telah mengeluarkan video yang memamerkan kemampuan rudal jarak jauh tersebut dalam suatu sesi uji coba. Menurut mereka, rudal itu mampu mencapai target di lokasi manapun di Korut.

 

“Dengan kemampuan seperti itu, militer kami akan terus mampu melawan segala bentuk provokasi dari Korut dengan tegas dan menyeluruh. Kami sudah siap membela diri atau pun menyerang mereka,” kata Mayjen Shin Won-Sik , seorang pejabat di kementerian.

Namun Shin tidak menyebut secara pasti daya jelajah yang bisa dicapai rudal-rudal canggih mereka tersebut. Meski demikian, kantor berita pemerintah Korsel, Yonhap, menyebut rudal jelajah tipe terbaru tersebut dapat menempuh jarak lebih dari 1,000 kilometer.

Dalam kesepakatan dengan AS, 2011 lalu, Korsel sebenarya telah berjanji hanya akan mengembangkan rudal balistik dengan jarak tempuh maksimal 300 kilometer. Namun hal ini tampaknya tidak berlaku untuk jenis rudal jelajah. Sebagai timbal-balik atas kesepakatan tersebut, AS menempatkan 28,500 tentara mereka di Korsel untuk mengantisipasi kemungkinan perang dengan Korut.

SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan bahwa militer di negeri gingseng itu telah mensiagakan rudal penjelajah yang mampu meledakkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News