Korut Ingin Damai Asalkan Amerika Serikat Mau Melakukan Hal Satu Ini

Korut Ingin Damai Asalkan Amerika Serikat Mau Melakukan Hal Satu Ini
Korea juga menginginkan diadakan negosiasi perjanjian damai antara kedua pihak untuk membawa perdamaian abadi di Semenanjung Korea. Foto: Int

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Korea Utara dilaporkan ingin merundingkan perdamaian dengan Amerika Serikat, dengan meminta negara adidaya itu meninjau apa yang dianggap sebagai 'kebijakan bermusuhan' dengan Pyongyang.

Korea juga menginginkan diadakan negosiasi perjanjian damai antara kedua pihak untuk membawa perdamaian abadi di Semenanjung Korea.

Duta Besar Korea untuk Malaysia, Kang Chol mengatakan pencapaian perjanjian damai untuk menggantikan perjanjian genjatan senjata yang ada harus diberi prioritas.

"Jika kita menyelesaikan masalah ini, masalah lain dapat diselesaikan dengan mudah. ​​Ini pendirian kami.

"Jika Amerika Serikat tidak meninjau kebijakan permusuhan dan mencapai kesepakatan damai dengan kami, kami tidak bisa menghentikan program senjata nuklir kami," katanya.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebelumnya dilaporkan mengatakan Washington siap mengadakan perundingan yang dapat mengurangi pembatasan atas Korea Utara jika sekiranya Pyongyang menunjuk keseriusan dalam mengakhiri program senjata nuklirnya.

Dubes Korut mengatakan tidak tepat untuk membandingkan situasi Korea Utara dengan Iran yang mencapai perjanjian dengan kekuatan besar pada Juli lalu dalam menangani program nuklirnya.

"Kami adalah negara nuklir, kami telah memiliki akses ke senjata nuklir, tapi Iran bukan negara nuklir, sehingga agak berbeda," jelasnya.

KUALA LUMPUR - Korea Utara dilaporkan ingin merundingkan perdamaian dengan Amerika Serikat, dengan meminta negara adidaya itu meninjau apa yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News