Kostratani Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Pertanian Kota Palangkaraya

Kamis, 01 Oktober 2020 – 21:35 WIB
Kostratani Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Pertanian Kota Palangkaraya - JPNN.com
Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menyambut baik adanya kemandirian masyarakat dan smart economy yang memungkinkan petani untuk berkontribusi langsung terhadap daerahnya. Foto: Humas Kementan.

jpnn.com, PALANGKARAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) menyuntikkan energi positif untuk pertanian Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang diluncurkan Jumat 2 Oktober 2020.

Program Kostratani tersebut dipercaya mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian, apalagi Kota Cantik (julukan Palangkaraya) memiliki target sebagai Smart Economy pada 2021.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menyambut baik adanya kemandirian masyarakat dan smart economy yang memungkinkan petani untuk berkontribusi langsung terhadap daerahnya.

Menurutnya, parameter dari konsep ini adalah serapan tenaga kerja dan rendahnya angka kemiskinan.

"Kinerja pertanian Palangkaraya harus didukung terus. Mereka sudah memetakan lahan dan segala potensi komoditinya. Kalau dari luas lahannya, tentu sangat menjanjikan,” jelas Dedi.

Ia menambahkan Palangkaraya harus belajar dari pertanian Bangkok, Thailand, yang dikembangkan dari lahan gambut atau rawa.

“Kostratani akan mengubah semuanya ke arah lebih baik, apalagi konsepnya sejalan dengan Smart Economy Palangkaraya di tahun depan," ungkap Dedi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangkaraya Hera Nugrahayu mengungkapkan Kostratani menjadi harapan baru di sektor pertanian.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...