Selasa, 16 Oktober 2018 – 11:10 WIB

Kota Malang Peringkat Tertinggi Nilai UNBK, Tapi…

Selasa, 02 Mei 2017 – 00:12 WIB
Kota Malang Peringkat Tertinggi Nilai UNBK, Tapi… - JPNN.COM

Siswa-siswi SMA mengikuti UNBK. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Kota Malang meraih peringkat tertinggi di Jawa Timur hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK tahun 2017.

Hanya saja, ada dua mata pelajaran (mapel) dengan nilai rata-rata SMK yang cukup miris. Yaitu, Bahasa Inggris dengan nilai 48,14 dan Matematika yang jauh lebih parah lagi, yakni 43,36.

Padahal, standar kelulusan UNBK adalah nilai siswa harus memenuhi 55. Hanya mapel Bahasa Indonesia dengan rata-rata 71,54 dan Kelompok Mapel Peminatan (KMP) 76,55 yang dikatakan bisa melebihi standar kelulusan.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos Radar Malang, nilai siswa yang di bawah standar di tingkat SMK memang sangat banyak. Di Jatim mencapai 55,47 persen atau 110.437 dari seluruh peserta UNBK yang mencapai 199.070.

Namun, dari sejumlah 9.097 siswa SMK di Kota Malang yang ikut UNBK belum diketahui jumlah anak yang mendapat nilai di bawah standar.

Berbeda dengan SMK, untuk nilai rata-rata hasil UNBK SMA mulai dari jurusan IPA, IPS, dan Bahasa secara rata-rata telah memenuhi nilai standar kelulusan yang ditetapkan.

Saat dikonfirmasi perihal capaian SMK itu, Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri Kota Malang Wadib Su’udi awalnya enggan berkomentar.

Dia hanya menyatakan, ada siswa yang tidak lulus sekian persen, tanpa menyebutkan angka pasti. Namun, secara menyeluruh, SMK di Kota Malang unggul di atas daerah lain.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar