Kota Pontianak Menyiapkan 528 Formasi CPNS dan 687 PPPK

Kota Pontianak Menyiapkan 528 Formasi CPNS dan 687 PPPK
Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian (ANTARA/Dedi)

jpnn.com - PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak menyiapkan 1.215 formasi calon aparatur sipil negara (ASN) 2024 yang terdiri dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Pemerintah Kota Pontianak secara keseluruhan telah mengusulkan 1.215 formasi CASN. Dari jumlah tersebut, 528 di antaranya CPNS dan 687 PPPK," kata Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Pontianak, Rabu (24/4).

Menurut Ani, jumlah usulan CASN itu didominasi PPPK, yang di antaranya formasi guru 80 persen berasal dari guru honorer yang sudah mengajar di sekolah negeri.

Sementara, 20 persen bisa berasal dari guru swasta dan mereka yang sudah lulus sertifikasi.

"Sementara untuk lulusan atau sarjana yang baru lulus, saya sarankan untuk mengikuti formasi CPNS karena PPPK minimal harus memiliki pengalaman kerja dua tahun," ungkap Ani Sofian.

MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas saat kunjungan ke Kota Pontianak mengatakan bahwa formasi PPPK tahun ini menjadi yang terbesar dalam 10 tahun terakhir.

Dari 2,3 juta formasi penerimaan, 1,8 juta di antaranya diperuntukkan bagi tenaga non-ASN yang selama ini belum terselesaikan.

"Saya sudah sampaikan di berbagai kesempatan rapat, eks tenaga honorer kategori (THK) II wajib diselesaikan tahun ini," ungkap Menteri Anas.

Pemkot Kota Pontianak menyiapkan 1.215 formasi ASN, yang terdiri dari 528 CPNS dan 687 PPPK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News