Kowarteg Ganjar Bantu Ekonomi Warga Lewat Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring

Kowarteg Ganjar Bantu Ekonomi Warga Lewat Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring
Pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang diadakan Kowarteg Ganjar. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia Dukung Ganjar berkomitmen membantu ekonomi sesama melalui kegiatan-kegiatan berdampak dan pemberdayaan.

Salah satunya diwujudkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang digelar di Balai Warga II RT 011/011 Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Kota Jakarta Timur.

“Komitmen kami mengadakan pelatihan ini bersama-sama warga sekitar intinya bergandengan tangan bersama untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Sekretaris Kowarteg Indonesia Seno Herlangga dalam siaran persnya, Kamis (19/10).

Menurut Seno, skill membuat sabun cuci piring nantinya bisa berguna sebagai modal usaha rumahan murah meriah. Tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga, khususnya ibu-ibu.

“Jadi, ibu-ibu biar bisa membuat sabun cuci sendiri untuk bisa digunakan secara pribadi maupun diperjualbelikan apabila diproduksi secara massal,” kata Seno.

Dalam pelatihan tersebut, ratusan warga diperkenalkan dengan bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring seperti air, mes atau texapon, NaCL, sodium sulfat, edta, hingga pewarna dan pewangi.

Kemudian perwakilan warga bersama pemateri turut mempraktekkan pengolahan bahan-bahan tersebut sampai menjadi senyawa yang membentuk sabun cuci piring.

Seno mengatakan, Kowarteg Indonesia berkomitmen menebarkan lebih banyak manfaat kepada warga. Sehingga semakin banyak yang berdaya dengan berbagai skill dan keterampilan.

Sukarelawan Kowarteg Ganjar berusaha membantu ekonomi warga dengan pelatihan pembuatan sabun cuci piring.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News