Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar Lakukan Langkah Preventif DBD di Kemayoran

Kowarteg Indonesia Dukung Ganjar Lakukan Langkah Preventif DBD di Kemayoran
Sukarelawan Ganjar Pranowo, Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia, melakukan aksi sosial membantu masyarakat mencegah DBD di DKI Jakarta. Foto: Kowarteg Indonesia.

jpnn.com - JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Pranowo, Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia, membantu masyarakat melalui upaya pencegahan kasus demam berdarah dengue (DBD) di kawasan DKI Jakarta. 

Terkini, simpatisan Ganjar Pranowo, itu menyasar Jalan Benda Timur, Gang 9, RT 11 /RW 02, Kelurahan/Kecamatan Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta, dalam rangka aksi sosial. 

Sekjen Kowarteg Indonesia Seno Herlangga mengatakan pihaknya melakukan tiga langkah untuk masyarakat, yakni edukasi perakitan alat fogging sederhana, penyerahan bantuan alat fogging, dan penyemprotan rumah warga serta selokan. 

Kegiatan ini diharapkan dapat berdampak pada pemutusan mata rantai jentik-jentik nyamuk aedes aegypti. 

"Pembuatan alat ini dari barang-barang bekas atau bisa baru yang tersedia di lingkungan, seperti pipa dari AC pipa tembaga, terus ada spray gun, ada pemantik api dan gas, serta ada untuk klem, selang air, dan tadi kami ada obat juga untuk fogging-nya sendiri," ucap dia dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Seno, kepadatan penduduk, seperti di kawasan Kemayoran dan perubahan iklim, menjadi faktor penyebab perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab DBD

Dia pun berpesan kepada warga untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan, serta menerapkan gerakan menutup, menguras, dan mengubur (3M). 

Puluhan masyarakat sangat terkesan dengan alat pengasapan atau fogging yang bisa dibuat dengan bahan-bahan sederhana. 

Sukarelawan Ganjar Pranowo, Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia, membantu masyarakat mencegah kasus DBD DKI Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News