KPAI Puji Dua Kepala Daerah Ini Terkait Persiapan Pembelajaran Tahap Muka

KPAI Puji Dua Kepala Daerah Ini Terkait Persiapan Pembelajaran Tahap Muka
Ilustrasi - Siswa dan guru beraktivitas di dalam ruang kelas saat pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) di SDI Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (Antara Jatim/Irfan Anshori/zk)

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mempertanyakan kesiapan 14 provinsi dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) Juli mendatang.

Masing-masing provinsi itu yakni Jawa Barat, DI Yogyakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Barat.

"Dari 14 provinsi yang diumumkan Kemendikbud siap PTM, mayoritas berada di luar Jawa," kata Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti, Senin (29/3).

Hal yang bikin KPAI heran, Provinsi Sulawesi Barat yang baru saja mengalami bencana alam gempa bumi juga termasuk yang dinyatakan siap PTM.

Retno belum tahu apa dasar utama yang digunakan Kemendikbud menyatakan daerah siap atau tidak menggelar PTM.  

"Kami berharap, dasar pembukaan tidak hanya kesiapan dalam pengisian aplikasi di laman Kemendikbud saja," ujar Retno.

Menurut dia, harus ada pemantauan lapangan untuk memastikan kesiapan sekolah dan daerah. Hal itu dapat dilakukan oleh LPMP di setiap provinsi yang merupakan kepanjangan tangan Kemendikbud.

Selain itu, KPAI juga diminta Pemprov DKI Jakarta untuk membahas persiapan PTM. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan ikut hadir selain perwakilan dari Kemendikbud dan Kementerian Agama.

KPAI memuji gubernur DKI Jakarta serta Jawa tengah yang sangat care menyiapkan pembelajaran tatap muka Jul mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News