KPK Ikut Uji Calon Praja IPDN

Mulai Tahun Ini Ada Tes Integritas dan Kejujuran

KPK Ikut Uji Calon Praja IPDN
KPK Ikut Uji Calon Praja IPDN
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerapkan kebijakan baru dalam proses seleksi calon praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Rencananya, mulai tahun ajaran 2013/2014 ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilibatkan dalam proses seleksi calon praja IPDN.

Sekjen Kemendagri, Diah Anggraeni, mengungkapkan, pada Selasa (25/6) lalu pihaknya mengadakan pertemuan dengan KPK, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformafi Birokrasi (Kemenpan&RB), serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Diah menuturkan, pada pertemuan itu KPK mengusulkan adanya tes integritas dan kejujuran bagi para calon praja IPDN.  "Nantinya akan ada tes tersendiri untuk materi tes integritas dan kejujuran,” ujar Diah di Jakarta, Rabu (26/6).

Diah menambahkan, pelibatan KPK itu agar proses seleksi calon praja IPDN bisa benar-benar terbuka, obyektif dan meminimalisir intervensi. Karena itu, lanjut Diah, setiap tahap seleksi juga akan diawasi KPK.

Lebih lanjut Diah mengatakan, Kemenpan&RB telah mengeluarkan formasi CPNS calon praja IPDN 2013/2014 sebanyak 2000 kursi. Pendaftaran masuk IPDN bisa dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia pada 1-12 Juli mendatang.

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerapkan kebijakan baru dalam proses seleksi calon praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News