KPK Langsung Dalami Dugaan Keterlibatan Bupati Kebumen

KPK Langsung Dalami Dugaan Keterlibatan Bupati Kebumen
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas dalam menyidik kasus dugaan suap ke pejabat pemerintah dan DPRD Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Komisi pimpinan Agus Rahardjo itu lengsung menelisik keterlibatan pejabat teras di Pemkab Kebumen.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, penyidik sedang mendalami dugaan tentang keterlibatan Bupati Kebuman M Fuad Yahya dalam suap yang terungkap dari operasi tangkap tangan (OTT) itu. "Apakah langsung atau secara tidak langsung berhubungan dengan bupati,  masih dalam pengembangan penyidik," ujarnya saat menggelar konferensi pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Minggu (16/10).

Sebelumnya KPK menggelar OTT di Kebumen, Sabtu (15/10). OTT itu menjaring dua orang sebagai tersangka, yakni Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudi Tri Hartanto serta pegawai dinas pariwisata dan debudayaan setempat Sigit Widodo.

Meski Sigit pegawai di dinas pariwisata, namun KPK menduga ia mampu memengaruhi proyek di dinas pendidikan. Menurut Basaria, modus itu sudah hamak terjadi.

Karenanya dia mengingatkan seluruh kepala daerah agar tidak ada lagi hal seperti itu. "Seharusnya seorang kepala daerah jangan tidak peduli papa yang dilakukan dinas pendidikan," jelasnya.

Dia pun mengimbau agar para pengusaha tidak terus mempengaruhi kebijakan publik, terutama di bidang pendidikan. "Jangan sampai proyek pendidikan jadi bancakan antara pengusaha, eksekutif dan legislatif," pungkasnya.(dna/JPG)

 


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung tancap gas dalam menyidik kasus dugaan suap ke pejabat pemerintah dan DPRD Kabupaten Kebumen,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News