KPK Minta Bupati Konut Jujur Soal Kekayaan

KPK Minta Bupati Konut Jujur Soal Kekayaan
KPK Minta Bupati Konut Jujur Soal Kekayaan

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas meminta kepala daerah untuk jujur soal kekayaan yang dimilikinya. Sebab, ketidakjujuran bisa menimbulkan kecurigaan tentang cara kepala daerah mengumpulkan harta.

"Pejabat harus jujur melaporkan kekayaannya. Itu yang penting," kata Busyro kepada wartawan di sela-sela Lokakarya Jurnalis Antikorupsi di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/5).

Pernyataan ini disampaikan Busyro guna menanggapi adanya pemberitaan tentang kepala daerah yang tidak sepenuhnya jujur menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK. Misalnya baru-baru ini, Bupati Konawe Utara Aswad Sulaiman P dituding tidak jujur soal kekayaan yang dimilikinya. Penudingnya adalah Konsorsium Rakyat Konawe Utara Bersatu (KRKB).

Ketua KRKB, Yen Ayas Laturumo, mengaku menemukan rumah mewah, tiga ruko, SPBU dan 70 hektar lahan untuk kebun kelapa sawit yang diduga milik Aswad. Bahkan,  KRKB juga menyebut Aswad memiliki mobil Hummer yang dibeli tak lama setelah dilantik menjadi bupati Konut. Selain itu, Aswad juga diduga memiliki mobil KIA warna hitam pelat DT 1 UY dan mobil KIA Sportage II berplat nomor DT 11 BU.

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas meminta kepala daerah untuk jujur soal kekayaan yang dimilikinya. Sebab,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News