KPU Pindah, Langsung Didemo

KPU Pindah, Langsung Didemo
DEMO- Kantor Komisi Pemilihan Umum setiap hari selalu diwarnai aksi demontrasi. Foto: Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih pindah ke kantornya di Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, untuk menuntaskan penghitungan perolehan suara Pemilu Legislatif 2009. Selama rekapitulasi nasional secara manual yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, KPU jarang didatangi tamu tak diundang, namun ketika sudah pindah ke kantornya, KPU langsung didemo puluhan warga.

Puluhan warga yang mengatasnamakan dirinya Sukarelawan Perjuangan Rakyat untuk Pembebasan Tanah Air (Spartan), Sabtu pagi (9/5), mendatangi kantor KPU di Jl Imam Bonjol, para anggota KPU sedang mengadakan rapat di gedung KPU Lt 2, namun diluar gedung sekitar 20 menit para pendemo meminta KPU untuk membereskan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Lebih tajam lagi, peserta aksi yang terdiri dari ibu-ibu, pemuda, bahkan terdapat anak-anak itu, meminta seluruh jajaran KPU dari pusat hingga daerah diganti, karena menganggap kinerjanya tak becus menyelenggarakan Pemilu. Sementara itu puluhan aparat kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat yang berpakaian seragam menjaga ketat gedung KPU, pagar gedung itu pun ditambah kawat khusus.

“Kami dari Spartan meminta seluruh anggota KPU diganti, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Kami juga mendesak agar diusut tuntas dugaan korupsi dan penyalahgunaan dana Pemilu oleh KPU,” cetus Juru Bicara Spartan, Rio Martin.

Meski meminta berteriak meminta KPU dibubarkan, para peserta aksi juga mendesak KPU untuk melakukan pemutakhiran data DPT sebelum Pilpres 8 Juli 2009 digelar. “Pemutakhiran itu harus dilakukan verifikasi, pengujian, dan diumumkan ke publik. KPU harus menyediakan selisih hari yang agak panjang untuk memberi kesempatan kepada pemilih yang belum terdaftar dalam DPT untuk mengajuan komplain dan mendaftarkan diri,” tukas dia.

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memilih pindah ke kantornya di Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, untuk menuntaskan penghitungan perolehan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News