KPU Pusat Ditantang Berani Usulkan Bupati Kobar Terpilih

KPU Pusat Ditantang Berani Usulkan Bupati Kobar Terpilih
KPU Pusat Ditantang Berani Usulkan Bupati Kobar Terpilih
JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi terang-terangan mengaku belum bisa mengambil sikap terkait berlarut-larutnya penyelesaian masalah pemilukada Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng).  Alasannya, belum ada usulan dari KPU Pusat mengenai nama yang harus mendapatkan pengesahan sebagai bupati-wakil bupati Kobar terpilih.

Karenanya, Gamawan menantang KPU Pusat untuk segera menentukan sikap, sehingga pihaknya bisa segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pengesahan pengangkatan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih hasil pemilukada Kobar.

"Nah sekarang berani tidak KPU mengambil putusan, karena dia kan struktural sekarang (KPU Pusat membawahi KPU Kobar, red). KPU  kalau ambil alih, diajukan ke gubernur, oleh gubernur diajukan ke saya, maka saya akan SK-kan," tegas Gamawan Fauzi di kantornya, Rabu (4/5).

Dijelaskan Gamawan, hingga saat ini pihaknya terus mengkaji kasus Kobar ini.Dia menyebut dua syarat agar kasus ini cepat kelar. Pertama aspek keamanan yang kondusif dan proses administrasi yang sesuai prosedur. Selama belum ada pengajuan nama dari KPU, maka kemendagri belum bisa mengambil sikap.

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi terang-terangan mengaku belum bisa mengambil sikap terkait berlarut-larutnya penyelesaian masalah pemilukada Kotawaringin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News