KRI Bima Suci dan KRI TUM Kompak Lakukan Ini di Selat Malaka

KRI Bima Suci dan KRI TUM Kompak Lakukan Ini di Selat Malaka
KRI Bima Suci menggelar latihan RAS bersama KRI Teuku Umar 385, Kamis (29/10/2020) di Selat Malaka, tepatnya di Perairan utara Pulau Bengkalis, Kepulauan Riau. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, KRI Bima Suci menggelar latihan RAS bersama KRI Teuku Umar 385, Kamis (29/10/2020) di Selat Malaka, tepatnya di Perairan utara Pulau Bengkalis, Kepulauan Riau.

Saat itu, KRI Bima Suci yang merupakan kapal latih TNI AL ini sedang melaksanakan Satgas Pelayaran Operasi Bima Suci (BSC) 2020 dalam rangka mendukung Latihan Praktik (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) 2020.

Sedangkan KRI TUM 385 yang sedang melaksanakan Operasi Benteng Samudera 20 di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I memulai latihan dengan mendekati lambung kiri KRI BSC setelah bendera "R" setengah. 

Lebih lanjut, KRI BSC menaikkan bendera "R" penuh dan posisi KRI TUM sejajar di lambung kiri KRI BSC, Sosok tanda olah gerak terbatas-pun mulai dinaikkan oleh kedua kapal.

KRI BSC mulai menembakkan Gunline yang diikuti oleh KRI TUM untuk mengirimkan tali yang dilanjutkan dengan pelaksanaan Mailbag Transfer Station Keeping.

Setelah selesai proses pengiriman barang, kedua kapal pun menurunkan Sosok terbatas olah gerak dan KRI TUM-pun melaju ke depan KRI BSC.

Komandan Satgas pelayaran OBS Letkol Laut (P) Waluyo menyampaikan Kesempatan latihan bersama KRI TUM 385 ini merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit KRI Bima Suci sekaligus menjadikan sarana pembelajaran bagi para Taruna/Taruni Tingkat III Angkatan ke-67 yang sedang on board dan belajar di KRI Bima Suci.

“Di samping itu, kegiatan latihan ini sebagai implementasi dari Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul. Diharapkan dengan latihan bersama ini akan meningkatkan pengetahuan bagi para Taruna/Taruni sebagai bekal pada saat penugasan kelak," imbuh Letkol Waluyo- sapaan karib Dansatgas OBS.

Untuk meningkatkan profesionalisme prajurit, KRI Bima Suci bersama KRI Teuku Umar 385 kompak kompak menggelar aksi ini di Selat Malaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News