KRI Dewaruci Tuntaskan Ekspedisi Keliling Dunia Kali Terakhir

Hingga Pulang Tetap Kibarkan Bendera Bajak Laut

KRI Dewaruci Tuntaskan Ekspedisi Keliling Dunia Kali Terakhir
Foto: Raka Denny/Jawa Pos
RABU (17/10) KRI Dewaruci dijadwalkan tiba di pangkalannya, Dermaga Ujung, Armatim, Tanjung Perak, Surabaya. Tuntas sudah misi terakhir pelayaran keliling dunia yang dilakoni kapal legendaris itu. Inilah catatan wartawan Jawa Pos SURYO EKO PRASETYO yang ikut dalam pelayaran bersejarah tersebut.

   

= = = = = = = = = = = = =

= = = = = = = = = = = = =

Kembalinya kapal layar tiga tiang tinggi itu ke Kota Pahlawan menuntaskan misi pelayaran terpanjangnya selama 277 hari. Lebih dari sembilan bulan kapal latih TNI-AL itu menempuh jarak 29 ribu mil laut (53 ribu kilometer). Jarak tersebut lebih jauh dari keliling bumi (garis khatulistiwa) 40.075,02 kilometer.

Kapal yang dilengkapi 16 layar itu meninggalkan Surabaya pada 15 Januari 2012. Dewaruci mengelilingi empat benua. Yakni, Benua Amerika mulai Kepulauan Marshall, Amerika Serikat, Meksiko, Panama, dan Kanada. Kemudian melewati tiga negara di Benua Eropa, yakni Portugal, Spanyol, dan Malta. Lalu melintasi Benua Afrika di Mesir, dan kembali ke Asia melalui Arab Saudi, Oman, Sri Lanka, dan berlanjut ke Indonesia.

RABU (17/10) KRI Dewaruci dijadwalkan tiba di pangkalannya, Dermaga Ujung, Armatim, Tanjung Perak, Surabaya. Tuntas sudah misi terakhir pelayaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News