KRI Makassar-590 BKO Kolinlamil Angkut Pasukan Pengamanan Perbatasan Papua

KRI Makassar-590 BKO Kolinlamil Angkut Pasukan Pengamanan Perbatasan Papua
KRI Makassar 590 mengantar pasukan pengamanan perbatasan RI – Papua sektor selatan yang akan bertugas selama sembilan bulan menjaga daerah perbatasan, Senin (18/1). Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, SURABAYA - KRI Makassar 590 yang saat ini di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil bersiap mengantar pasukan pengamanan perbatasan RI – Papua sektor selatan yang akan bertugas selama sembilan bulan menjaga daerah perbatasan, Senin (18/1).

Kapal perang TNI AL dari jajaran Koarmada II saat ini BKO Kolinlamil tersebut melaksanakan embarkasi Batalion 122 Tombak Sakti berikut material dan perlengkapan seperti senjata perorangan, kendaraan truk dan kendaraan taktis yang dipergunakan dalam mendukung tugas operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia dan Papua Nugini sektor selatan.

“Kami siap untuk mendukung pergeseran pasukan dan material. Apalagi Kondisi kapal dan prajurit dalam keadaan siap layar” ujar Komandan KRI Makassar 590 Letkol Laut (P) Shodikin.

Komandan KRI juga menegaskan, seluruh pasukan yang on board di kapal perangnya dipastikan telah melalui prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Sesuai instruksi Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah agar dalam operasi dukungan angkutan laut, seluruh unsur-unsur KRI Kolinlamil maupun BKO Kolinlamil disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah mulai dari proses embarkasi, saat lintas laut hingga debarkasi pasukan.

Sebelumnya, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin melepas Satgas Pamtas Yonif 122/Tombak Sakti dalam rangka Operasi Pamtas RI-PNG di Wilayah Papua Tahun 2020, di Mako Yonif 122/TS Pematangsiantar.

KRI Makassar 590 akan melaksanakan operasi lintas laut dan singgah di beberapa tempat antara lain di Makasar, Ambon, sebelum akhirnya tiba di Merauke untuk selanjutnya perbatasan Papua.(fri/jpnn) 

KRI Makassar 590 yang saat ini di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil bersiap mengantar pasukan pengamanan perbatasan RI – Papua sektor selatan yang akan bertugas selama sembilan bulan menjaga daerah perbatasan, Senin (18/1).


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News