KRI Pollux-935 Perkuat Jajaran Kapal Survei Hidros-Oseanografi Pushidrosal TNI AL

KRI Pollux-935 Perkuat Jajaran Kapal Survei Hidros-Oseanografi Pushidrosal TNI AL
Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan saat menyambut kedatangan KRI Pollux-935 di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/8/2021). Foto: Dispen Pushidrosal

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI angkatan Laut  (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan menyambut kedatangan KRI Pollux-935 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (20/8/2021).

KRI Pollux-935 yang merupakan produksi galangan kapal dalam negeri tersebut telah melaksanakan Pelayaran dari Dermaga Pelabuhan Batam dan selanjutnya sandar di dermaga  JICT 2 Tanjung Priok hari Sabtu (14.08/2021) sore.

Sebelumnya, kapal tersebut telah diserahkan kepada TNI AL serta secara resmi diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (5/8/2021).

Selanjutnya, Kapal ini akan menjadi bagian dari Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AL, yang nantinya bertugas di bawah pembinaan Pushidrosal sebagai sebagai unsur Bantu Hidro Oseanografi (BHO).

Komandan Pushidrosal dalam sambutannya antara lain mengatakan kehadiran KRI Pollux-935 tentunya akan makin memperkuat unsur kapal survei di lingkungan Pushidrosal.

Dia berharap kehadiran KRI Pollux-935 mampu menambah semangat serta menajamkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas-tugas survei dan pemetaan laut.

KRI Pollux-935 dengan Komandan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy ini merupakan jenis kapal  hidrografi multiguna jenis/tipe 40 meter,  yang memiliki spesifikasi panjang 45,50 meter, lebar 7,90 meter, tinggi 4,25 meter dan draf 2,20 meter dengan bobot 220 ton.

Kapal ini memiliki kecepatan maksimum 27 knots, kecepatan jelajah 20 knots dan kecepatan ekonomis 15 knots.

KRI Pollux-935 yang merupakan produksi galangan kapal dalam negeri tersebut akan memperkuat jajaran Kapal Survei Hidros-Oseanograf Pushidrosal TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News