Kriminalitas di Makassar Marak, Prof. Heri Tahir Minta Polisi Lakukan Ini

Kriminalitas di Makassar Marak, Prof. Heri Tahir Minta Polisi Lakukan Ini
Pelaku kriminal diborgol polisi. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Kriminologi Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Heri Tahir menyarankan polisi melakukan beberapa cara dalam mencegah terjadinya tindakan kriminal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diketahui, kriminalitas di Makassar makin marak terjadi dan kian meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. Rata-rata pelaku kriminal di daerah itu tidak hanya orang dewasa, tetapi juga remaja.

Menurut Prof. Heri Tahir, aparat kepolisian harus lebih intens melakukan patroli, karena rata-rata anak muda di Makassar memanfaatkan situasi dalam beraksi.

"Karena kadang-kadang, anak-anak ini menggunakan momentum ketika aparat hukum sedang lengah," ucapnya pada Kamis (17/3).

Kemudian, Prof. Heri juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspadai terhadap potensi kejahatan jalanan.

"Tentunya masyarakat khususnya di Kota Makassar harus mengamankan diri, tetap waspada, karena kejahatan itu selalu muncul secara tiba tiba," ujarnya.

Prof. Heri berpendapat kelengahan masyarakat kerap dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya, termasuk geng motor.

"Saya kira perlu waspada, terutama ketika berada di jalan- jalan sepi," ucap dia.

Kriminologi UNM Prof. Heri Tahir menilai polisi bisa melakukan cara ini guna menekan maraknya kriminalitas di Kota Makassar, Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News