Krisis Likuiditas Hempaskan Indover

Miranda: Pembekuan Tak Terkait Lehman

Krisis Likuiditas Hempaskan Indover
Krisis Likuiditas Hempaskan Indover
JAKARTA - Pembekuan Indover Bank, anak usaha Bank Indonesia (BI) di Amsterdam, tak terkait dengan tekanan koleksi portofolio surat berharga terbitan Lehman Brothers. Deputi Gubernur Senior BI Miranda Swaray Goeltom mengatakan, masalah yang dihadapi Indover lebih terkait krisis likuiditas, yang menimpa bank-bank di Eropa. ''(Portofolio) di Lehman ada, tapi sedikit sekali. Jadi, masalah utama adalah likuiditas,'' kata Miranda, Rabu (8/10).

Dia membeberkan, sebelum krisis finansial global, Indover masih membukukan keuntungan hingga 2 juta Euro. Tapi, setelah semua bank menutup kredit, Indover terkena dampaknya. Ini membuat Indover juga kesulitan likuiditas.

Sebagai pemilik tunggal Indover, BI sebetulnya mampu menyuntik likuiditas. Namun, sesuai UU BI, bank sentral harus mendivestasi anak-anak usahanya, sehingga tidak mungkin lagi menyuntik likuiditas.

Berdasar peraturan di Belanda, semua bank yang kesulitan likuiditas dan pemiliknya tidak menambah akan diambil alih oleh administrator yang ditunjuk bank sentral setempat. ''Kami memantau terus secara kontinu perkembangannya,'' ujar Miranda.

JAKARTA - Pembekuan Indover Bank, anak usaha Bank Indonesia (BI) di Amsterdam, tak terkait dengan tekanan koleksi portofolio surat berharga terbitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News