Krisis pun Sudah Masuk ke Ranah Tuhan

Krisis pun Sudah Masuk ke Ranah Tuhan
Krisis pun Sudah Masuk ke Ranah Tuhan
KRISIS keuangan yang amat dahsyat ini akhirnya mampir juga ke ranah Tuhan. Yakni, ketika tersiar berita begitu banyak lembaga sosial dan keagamaan Yahudi yang menjadi korban investasi model Ponzi yang dilakukan Bernard Madoff (Bernie) itu.

Seperti diatur saja, praktis semua rumah ibadah Yahudi menjadikan kasus penipuan terbesar di dunia tersebut sebagai tema khotbah Hari Sabtu (yaumus Sabbath) mereka. Ini tidak lain karena yang dituduh sebagai penipu terbesar dalam sejarah umat manusia itu adalah tokoh Yahudi dan yang banyak tertipu juga umat Yahudi.

Begitu kerasnya kecaman yang disampaikan para khotib di mimbar Sabtuan itu, sampai-sampai ada pengkhotbah yang kali ini terpaksa meminta maaf kepada jemaatnya. Yakni, karena si pengkhotbah terpaksa harus mencela nama seseorang di mimbar yang suci itu.

’’Selama ini kami tidak mau menjadikan soal bisnis dan politik menjadi tema khotbah,’’ ujar seorang rabi konservatif di New York. ’’Tapi, dalam kasus ini terlalu banyak korban, sehingga sulit untuk tidak dibicarakan,’’ tambahnya.

KRISIS keuangan yang amat dahsyat ini akhirnya mampir juga ke ranah Tuhan. Yakni, ketika tersiar berita begitu banyak lembaga sosial dan keagamaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News