Kronologis Pasukan TNI Diberondong KKSB dari Bukit

Kronologis Pasukan TNI Diberondong KKSB dari Bukit
Ilustrasi TNI di Papua. Foto: dok/JPG/JPNN.com

jpnn.com, PUNCAK JAYA - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) menyerang Tim Personel Gabungan TNI AD 753 AVT dan Kopassus yang sedang melakukan patroli rutin, memantau situasi Idulfitri di Puncak Jaya, Ppaua. Akibatnya, 1 anggota TNI tertembak dan 4 lainnya terkena serpihan kaca dan proyektil.

Kapendam XIX/Cenderawasih M Aidi, ketika dikonfirmasi melalui telephone selulernya, Minggu (17/6) kemarin membenarkan kejadian tersebut.

Dikatakan, Tim Patroli TNI menggunakan 3 unit kendaraan Mitsubishi Strada yang memantau situasi di Distrik Yambi Puncak Jaya Papua Sabtu (16/6) sekitar pukul 14.30 Wit tepatnya di Kampung Tirineri, Distrik Yambi tiba-tiba Tim mendapatkan serangan tembakan rentetan dari KKSB.

"Mereka ditembaki dari arah ketinggian sebelah kiri yang mengakibatkan Pratu E mengalami luka tembak di lengan kiri atas dan dua orang prajurit lainnya mengalami luka di paha dan di pelipis kanan akibat serpihan kaca mobil yang tertembak," ucap Aidi.

Tim Patroli berusaha melaksanakan perlawanan sambil mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Mulia, Puncak Jaya Papua.

"Seluruh korban sudah berhasil dievakuasi ke RSU Mulia Puncak untuk mendapatkan perawatan, sedangkan anggota lainnya melaksanakan pengamanan," ungkapnya.

Dari data sementara yang berhasil dihimpun pelaku penyerangan adalah kelompok KKSB Pimpinan Lekagak Talenggeng. Belum bisa dipastikan apakah dari pihak KKSB juga jatuh korban atau tidak karena posisinya di atas ketinggian sehingga tidak dapat dilakukan pengejaran. Saat ini pasukan TNI tetap melaksanakan Siaga 1 untuk mengantisipasi perkembangan situasi lebih lanjut.

BACA JUGA: Menangis, Pak Guru Cerita Detik-detik Dirampok KKSB

Dari ketinggian, KKSB (kelompok kriminal separatis bersenjata) tiba-tiba menyerang pasukan TNI yang sedang melakukan patroli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News