Kronologis Pembajakan TB Henry oleh Abu Sayyaf

Kronologis Pembajakan TB Henry oleh Abu Sayyaf
Ilustrasi. Foto: Radar Tarakan

jpnn.com - TARAKAN – Kelompok Abu Sayyaf tak henti-hentinya bikin ulah. Setelah membajak kapal TB Brahma akhir Maret lalu, mereka kembali melakukan hal serupa.

Kelompok itu membajak kapal TB Henry yang menarik kapal tongkang Christy, Selasa (12/4) lalu. Saat itu, kapal dalam perjalanan dari Kota Cebu, Filipina, kembali menuju Tarakan.

Tepatnya pada titik koordinat 4*-31'26'' N/ 119*-00''00" E atau sekitar 15 mil dari Tawau, Malaysia. Enam warga negara Indonesia ada di kapal itu. Satu di antaranya mengalami luka tembak. (jnr/ash/jos/jpnn)

Kronologis Pembajakan TB Henry sebagaimana dilansir Radar Tarakan:

 

1.       31 Maret :  Pukul 00.45 Wita, TB Henry dengan jumlah awak kapal 10 orang WNI, diketahui berangkat dari Tarakan menuju Kota Cebu, Filipina, dengan membawa tongkang Christy  berisi muatan batu bara sebanyak 8.055,882 M/T. Keberangkatan ke Filipina ini sudah memenuhi persyaratan administrasi dan fisik  oleh pihak berwenang (Bea dan Cukai, Kesehatan Karantina dan lain-lain, serta mendapat konfirmasi dari Direktrorat KPLP Ditjen Hubla Kemenhub yaitu Kasubdit Tertib Pelabuhan Capt. Prihantanta).

 

2.       9 April :  Pukul 07.30 waktu Filipina, TB Henry tiba di Kota Cebu, Filipina, dan langsung membongkar muatan batu bara yang ada di tongkang Christy.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News