KSAL Minta Prajuritnya Menjaga Stabilitas Laut Natuna Melalui Diplomasi

KSAL Minta Prajuritnya Menjaga Stabilitas Laut Natuna Melalui Diplomasi
KSAL Laksamana Yudo memberikan pengarahan kepada para calon Atase Pertahanan dan Atase Laut Republik Indonesia periode 2021 - 2024 di pendopo Neptunus Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/7). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meminta prajuritnya untuk menjaga stabilitas Laut Natuna dengan kerja sama dengan negara mana pun karena kita sebagai negara Nonblok.

KSAL juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik agar perairan laut Indonesia tetap kondusif sehingga para pelaku pelayaran dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Jadi, penting untuk menjaga stabilitas Laut Natuna melalui Diplomasi,” ujar Laksamana Yudo saat memberikan pengarahan kepada para calon Atase Pertahanan dan Atase Laut Republik Indonesia periode 2021 - 2024 di pendopo Neptunus Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (26/7).

Sebanyak 16 calon Atase Pertahanan dan Atase Laut Republik Indonesia masa periode 2021 sampai dengan 2024 akan segera diangkat yakni 2 Perwira Tinggi (Pati) sebagai Athan Negara Australia dan India masa periode 2021 - 2023, 7 Kolonel untuk Athan negara Italia, Vietnam, Belanda, Iran, Filipina, Myanmar, dan Afrika Selatan.

Sementara 7 Atase Laut ditugaskan di Thailand, RRT, Amerika Serikat, Malaysia, Rusia, Saudi Arabia, dan Singapura masing-masing masa periode 2021 - 2024.

KSAL menjelaskan posisi strategis Indonesia di antara dua Samudera yaitu Samudera India dan Samudera Pasifik dan luasnya perairan Yurisdiksi Nasional dapat menjadi media diplomasi negara dan media kerja sama.

“Kita punya laut yang luas sehingga jika ada sengketa selesaikan dengan diplomasi dan kerja sama dengan damai. Jika ada tawaran kerja sama diplomasi yang ada hubungannya dengan Angkatan Laut pasti kita terima,” ujar KSAL didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dia juga meminta kepada calon Athan dan Atase Laut untuk memahami tentang hubungan diplomasi luar negeri meliputi kebijakan, sikap dan langkah pemerintah RI dalam melakukan diplomasi.

KSAL juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik agar perairan laut Indonesia tetap kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News