JPNN.com

KSAU Singgung Alutsista, Korupsi dan Tol Udara

Minggu, 09 April 2017 – 14:20 WIB KSAU Singgung Alutsista, Korupsi dan Tol Udara - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Marsekal Hadi Tjahjanto menyinggung secara khusus soal pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Orang nomor satu di TNI AU itu memerintahkan pengadaan alutsista dikelola secara transparan, akuntabel, dan disesuaikan dengan prinsip-prinsip keuangan yang berlaku.

“Ketiga hal tersebut harus dilaksanakan mulai dari tingkat mengambil keputusan sampai dengan pelaksanaan di lapangan,” kata Hadi saat menyampaikan amanat pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke 71 di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (9/4).

Dia menegaskan, jika ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan dengan konsisten dan penuh tanggung jawab maka alutsista TNI AU akan mampu digunakan optimal.

“Di samping itu, TNI AU akan bebas dari korupsi, bermartabat, dan terpercaya. Sehingga menjadi pelopor dalam menciptakan clean dan good goverment,” ujar Hadi.

Di sisi lain, terkait dengan keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam rangka menjamin kedaulatan dan integritas nilai NKRI serta mengamankan sumber daya alam dan zona ekonomi ekslusif (ZEE) diperlukan kehadiran dan kekuatan AU yang capable.

Dia menegaskan, kehadiran kekuatan udara sesungguhnya bukan hanya sebagai kekuatan internal, melainkan memiliki nilai ekonomis.

Sebab, kata dia, sesungguhnya dimensi kedirgantaraan yang menjadi ruang pengabdian TNI AU telah berkembang dengan spektrum yang semakin cepat, luas, dan signifikan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...