KSP Yakin Arief Prasetyo Adi yang Dipilih Jokowi Bisa Melakukan Ini

KSP Yakin Arief Prasetyo Adi yang Dipilih Jokowi Bisa Melakukan Ini
Tangkapan layar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memberikan keterangan usai pelantikan yang ditayangkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (21/02/2022) ANTARA/Mentari Dwi Gayati

jpnn.com, JAKARTA - Kantor Staf Presiden (KSP) meyakini Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mampu menerapkan tata kelola pangan yang baik dari hulu ke hilir.

Deputi III KSP Panutan Sulendrakusuma mengatakan Arief Prasetyo Adi sosok yang mampu menjalankan tugas koordinasi lintas sektor dengan baik dan memiliki kemampuan jejaring (networking).

Kemampuan itu dapat mendukung Arief dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan tata kelola pangan yang baik.

“Dengan pengalamannya di sektor swasta dan BUMN, Arief dinilai mampu mewarnai kualitas dan akurasi kebijakan pangan ke depan,” ujar Panutan di Jakarta pada Selasa (22/2).

Panutan menjelaskan tugas dan fungsi Badan Pangan Nasional, antara lain mengoordinasikan dan merumuskan kebijakan terutama soal ketersediaan pangan, menjaga stabilitas pasokan, dan harga.

Lembaga baru itu juga bertanggung jawab menangani kerawanan ketersediaan pangan, pemenuhan gizi, dan diversifikasi konsumsi masyarakat.

“Secara sederhana, Badan Pangan Nasional itu "bapak" dari semua pelaku pangan, mulai dari petani, swasta, dan BUMN,” ucap Panutan.

Menurut Panutan, lembaga itu dibentuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk memperbaiki ekosistem pangan nasional, dengan meningkatkan koordinasi antarlembaga di sektor pangan.

Arief Prasetyo Adi yang dipilih Presiden Jokowi sebagai kepala Badan Pangan Nasional diyakini mampu melakukan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News