KTT ASEAN ke-42, Mendag: Penguatan ASEAN Sebagai Epicentrum of Growth

KTT ASEAN ke-42, Mendag: Penguatan ASEAN Sebagai Epicentrum of Growth
Pertemuan bilateral Indonesia dengan Laos (9/5). Foto dok Kemendag

jpnn.com, LABUAN BAJO - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan didaulat oleh Presiden Joko Widodo untuk menyambut kedatangan Wakil Perdana Menteri/Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Bandara Internasional Komodo pada Senin (8/5) dalam perhelatan akbar KTT ASEAN ke-42.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone untuk membahas sejumlah kerja sama ekonomi antara kedua negara pada Selasa (9/5).

Pembahasan meliputi antara lain bidang energi dan transportasi.

Di sela-sela pendampingan, Mendag juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia YB Senator Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz untuk membahas peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara pada Rabu (10/5).

Pada pertemuan tersebut, kedua Menteri membahas pelaksanaan Joint Trade and Investment Committee (JTIC) ke-4, persiapan penandatanganan Review Border Trade Agreement (BTA), dan peluang kerja sama di berbagai sektor potensial.

“Pada KTT ASEAN kali ini, para kepala negara telah menghasilkan kesepakatan untuk memperkuat perdagangan yang berkelanjutan, meningkatkan perdagangan intra-ASEAN, serta mendorong penguatan rantai pasok kawasan dan investasi," ujar Mendag.

"Selain itu, para kepala negara juga telah menyepakati Deklarasi Bersama untuk Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik serta Deklarasi Bersama untuk Mendorong Konektivitas Pembayaran Regional dan Mempromosikan Transaksi Mata Uang Lokal yang menjadi capaian penting di pilar ekonomi,” sambung Mendag.

Adapun rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 berlangsung pada 6–11 Mei 2023.

Mendag Zulkifli Hasan turut mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan bilateral dengan PM Laos Sonexay Siphandone untuk membahas sejumlah kerja sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News