JPNN.com

Kualitas Air Laut di ONWJ Sudah Membaik, Nelayan: Tangkapan Kami Kembali Seperti Semula

Rabu, 15 Januari 2020 – 22:41 WIB
Kualitas Air Laut di ONWJ Sudah Membaik, Nelayan: Tangkapan Kami Kembali Seperti Semula - JPNN.com
Nelayan di Karawang. Foto dok ONWJ

jpnn.com, KARAWANG - Nelayan di perairan Karawang, yang berdekatan dengan operasional PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ) merasa senang. 

Hal ini lantaran kualitas air di perairan Karawang sudah sangat baik. Kondisi ini jauh berbeda dibandingkan saat sumur YYA-1 mengalami kebocoran.

“Bagus sekali sekarang. Benar-benar pulih airnya. Tangkapan kami (ikan) juga sudah kembali seperti semula,” ujar Ketua Rukun Nelayan Pusaka Jaya Utara (PJU) Karawang  Gopar, Rabu (15/1).

Gopar menuturkan, sudah sekitar sebulan kualitas air membaik. Sama sekali tidak ditemukan ceceran minyak, baik di sepanjang pantai di Karawang maupun perairan. 

“Sekarang pantai juga sudah bersih. Sedangkan di laut, kalau ada sedikit hambatan, itu karena gelombang sedang tinggi,” jelasnya.

Saat ini, lanjut dia, para nelayan bisa menangkap ikan rata-rata 15 kilogram setiap melaut. Tidak hanya ikan, udang juga bisa kembali ditangkap. Kondisi demikian, sama seperti sebelum sumur Pertamina bocor. 

“Padahal ketika ada tumpahan minyak, perolehan ikan kami benar-benar turun drastis, bahkan sampai 1-2 kilogram saja,” terang Gopar.

Menurut Gopar, pulihnya kondisi perairan Karawang tidak lepas dari upaya keras Pertamina dalam membersihkan ceceran minyak, termasuk yang terbawa gelombang sampai ke pantai. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy