Kualitas Debat Capres Masih di Bawah Standar

Kualitas Debat Capres Masih di Bawah Standar
Jokowi - Ma'ruf Amin beradu argumentasi dengan Prabowo - Sandiaga dalam debat perdana Pilpres 2019. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Kamis malam (17/1) secara umum belum memenuhi standar.

Penilaian ini disampaikan pengamat politik Ziyad Falahi saat berbincang dengan JPNN, Jumat (18/1), ketika ditanya analisisnya apakah debat sudah sesuai ekspektasi publik. Baik dari kualitas maupun penguasaan materi dari paslon.

"Secara kualitas argumen dan data, bagi masyarakat dengan tingkatan pendidikan tinggi akan menilai bahwa secara umum di bawah standar," kata Ziyad.

Menurut direktur Pusat Kajian Survei Opini Publik (PKSOP) ini, debat capres di bawah standar karena sejak awal pelaksanaan debat sudah menuai pro dan kontra lantaran soal kisi-kisi materi yang akan diperdebatkan.

Nah, persoalannya, kendati sudah mendapat kisi-kisi, jawaban normatif masih keluar dari paslon. "Harusnya pertanyaan dan jawaban normatif enggak perlu keluar," tandas Ziyad. (fat/jpnn)


Sejak awal debat capres sudah menuai kontroversi publik karena KPU memberikan kisi-kisi materi pertanyaan kepada paslon.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News