Kualitas Penyuluh Mampu Dongkrak Kesejahteraan Petani

Kualitas Penyuluh Mampu Dongkrak Kesejahteraan Petani
Workshop peningkatan kapasitas penyuluh dan staf lapangan di Kabupaten Lamongan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMONGAN - Fungsi koordinasi amat penting dalam keberhasilan program. Begitu pun dengan program nasional IPDMIP yang notabene tengah gencar dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan).

Di Kabupaten Lamongan, digelar Workshop Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Staf Lapangan Tingkat Kabupaten IPDMIP pada 14-15 September 2021. Workshop diikuti 17 orang Koordinator BPP lokasi IPDMIP dan 14 orang staf lapangan.

Kasi Pengembangan Sarana dan Prasarana Penyuluhan Pertanian Kabupaten Lamongan Mohamad Fadholi mengatakan tujuan dari workshop ini adalah bentuk koordinasi dan berbagi informasi kegiatan IPDMIP antara Korkab, DPIU, Penyuluh (BPP) dan Staf Lapang.

“Kami ingin pelaksanaan IPDMIP di lapangan semakin sukses, karena ini demi kesejahteraan petani,” kata Fadholi sekaligus Manager Project untuk kegiatan IPDMIP Kabupaten Lamongan melalui keterangan tertulisnya, Selasa (21/9).

Selain itu, giat ini juga menjadi ruang untuk evaluasi Program IPDMIP yang sudah berjalan, konsolidasi Rencana Kerja Program IPDMIP Tahun 2021 dan 2022. “Hingga merumuskan strategi pencapaian tujuan dan target Program IPDMIP Kabupaten Lamongan tahun 2022,” jelas dia.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lamongan Sujarwo menjelaskan pendekatan IPDMIP yang diterapkan adalah dengan memperkuat dan memperluas keterkaitan antara berbagai intervensi pertanian serta rehabilitasi irigasi. Tujuannya untuk memastikan penetapan sasaran kemiskinan yang efektif.

“Goals IPDMIP adalah peningkatan produktivitas, kesejahteraan petani, nilai jual, perbaikan kualitas, dan peningkatan layanan petani dan kualitas maupun kuantitas petani,” jelas dia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo optimistis bahwa kegiatan IPDMIP berjalan maksimal, dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat perdesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

Kementan gencar dengan program nasional IPDMIP yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News